Teknologi

Ada perbedaan besar antara penggunaan thorium dalam teknologi konvensional dibanding dengan teknologi dari TPC (Thorium Power Canada).

Salah satu cara kunci teknologi TPC yang berbeda adalah Reaktor Thorium ini dirancang untuk membuat semacam “tiruan Uranium 233″ dari bahan thorium,  kemudian segera membakar habis hampir semua bahan tiruan ini, dan hanya menyisakan sedikit bahan yang tidak terbakar.

Selain itu, tidak banyak limbah yang dihasilkan selama rentang waktu sampai akhir masa-pakai (usia)  reaktor, yang diperkirakan lebih dari 60 tahun. Semua limbah akan tetap berada di dalam reaktor dan tetap terselubung dalam tabung kaca, tanpa memerlukan penyimpanan di luar.

Dibanding dengan Reaktor Uranium konvensional, kelebihan Reaktor Thorium TPC tidak akan meleleh (melt-down) karena siklus reaksi bahan bakar thorium yang berbeda. Untuk shut-down (mematikan) Reaktor Thorium TPC hanya diperlukan waktu beberapa menit, karena pada dasarnya bahan bakar Thorium membutuhkan Neutron untuk mendapatkan reaksi dan mempertahankannya. Dengan mematikan sumber Neutron maka proses di Reaktor akan segera berhenti, sehingga menghilangkan kemungkinan insiden nuklir besar seperti yang ada dalam sejarah.